Siapa Satoshi Nakamoto?

Satoshi Nakamoto adalah nama yang digunakan oleh seseorang atau sekumpulan orang yang mendesain Bitcoin dan memecahkan masalah double-spending pada uang digital. Nakamoto mengklaim dirinya berkebangsaan Jepang dan lahir pada 5 April 1975. Nama Satoshi Nakamoto mungkin tidak pernah muncul dalam daftar orang terkaya di dunia, tapi jika harga Bitcoin menyentuh angka $10,000 (harga Bitcoin saat ini) per 1 Bitcoin, maka kekayaan Nakamoto diprediksi mencapai 10 Milyar Dollar Amerika Serikat. Hal ini berdasarkan pada sebuah asumsi bahwa Satoshi Nakamoto saat ini memiliki setidaknya 980.000 Bitcoin.

Apa yang Kita Ketahui tentang Satoshi Nakamoto

Selain klaim sepihak dari Satoshi Nakamoto bahwa dia merupakan orang Jepang yang lahir pada 1975, tidak banyak hal lain yang diketahui publik. Bahkan, hingga saat ini, apakah Satoshi Nakamoto itu merupakan satu orang atau sekumpulan orang masih belum diketahui.

Banyak pihak yang meragukan klaim Satoshi Nakamoto bahwa dia merupakan orang Jepang. Bukti-bukti seperti penggunaan Bahasa Inggris yang sangat baik dan istilah-istilah khusus, membuat orang beranggapan dia berasal dari salah satu negara persemakmuran Inggris. Bukti lain seperti waktu Satoshi Nakamoto berkirim email dan mengerjakan Bitcoin yang tidak cocok dengan waktu di Jepang, dimana dia tidak bekerja (tidur) pada pukul 2 siang hingga 8 malam.

Satoshi Nakamoto Mengembangkan Bitcoin

Nakamoto mengklaim bahwa kode untuk Bitcoin mulai dikerjakan pada 2007.  Pada Oktober 2008, Nakamoto merilis sebuah paper berjudul “Bitcoin : A Peer-to-Peer Electronic Cash System”. Tidak berselang lama, pada Januari 2009, dia merilis software Bitcoin pertama beserta jaringan serta kepingan Bitcoin pertama. Dia merilis versi 0.1 dari Bitcoin software ini melalui Sourceforge pada 9 Januari 2009.

Pada waktu inilah, Satoshi Nakamoto ‘menambang’ block pertama dari Bitcoin yang dikenal sebagai genesis block dan mendapat 50 bitcoin. Di dalam block tersebut, terdapat pesan yang ditulis sendiri oleh Satoshi Nakamoto:

“The Times 03/Jan/2009 Chancellor on brink of second bailout for banks”

Pesan tersebut merupakan referensi pada sebuah berita di koran The Times dan merupakan indikasi waktu dimana Bitcoin pertama kali mulai ditambang.

Nakamoto kemudian membuat website bitcoin.org dan berkolaborasi dengan developer-developer lain hingga pertengahan 2010. Pada waktu-waktu inilah, dia menyerahkan posisi sebagai lead developer kepada Gavin Andresen yang memang ikut berkolaborasi dalam project Bitcoin. Namun, sejak 2018, posisi lead developer dilakukan secara bertim yang dipimpin oleh Wladimir J. van der Laan.

Baca selengkapnya mengenai Apa Itu Bitcoin

Dimana Satoshi Nakamoto saat ini?

Keberadaan Satoshi Nakamoto saat ini tidak diketahui. Bahkan, Depertemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat saja belum pernah memberikan klaim publik bahwa mereka mengetahui siapa Satoshi Nakamoto. Menemukan siapa Satoshi Nakamoto yang sebenarnya menjadi penting bagi beberapa pihak. Negara seperti Amerika Serikat tentu waspada jika Satoshi Nakamoto adalah agen yang disponsori negara lain untuk memanfaatkan Bitcoin sebagai ‘senjata’.

Sementara orang-orang dalam komunitas Bitcoin tentu tidak ingin Satoshi Nakamoto tiba-tiba muncul dan merusak harga pasar Bitcoin dengan hampir 1 juta keping Bitcoin yang dimilikinya saat ini. Dan, orang-orang di luar komunitas Bitcoin tentu ingin tau, apa motif Satoshi dan alasan kenapa dia menghilang sejak 2010.

Comments (No)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: