Patientory Berusaha Mempermudah Layanan Kesehatan Memanfaatkan Teknologi Blockchain

Rekam data kesehatan seseorang adalah sesuatu yang penting, namun juga bersifat rahasia. Dengan sistem yang ada saat ini, ketika seseorang memilih memeriksakan dirinya ke rumah sakit yang baru pertama kali dikunjungi, dia harus menghabiskan banyak waktu mengisi form mengenai identitas dan rekam jejak medis yang dimilikinya. Pada kondisi normal, hal ini hanya akan menghabiskan banyak waktu. Namun, pada kondisi darurat, hal ‘kecil’ semacam ini bisa membuat nyawa seseorang dalam bahaya.

Sistem yang ada saat ini pun tergolong rentan dan memakan banyak biaya. Pada 2015 lalu, pencurian data kesehatan dengan jumlah lebih dari 112 juta data diperkirakan melenan kerugian hingga 78 Triliyun Rupiah. Prediksi terbaru memperkirakan bahwa 1 dari 13 orang akan mengalami pencurian data kesehatan pada 2021 dan total pengeluaran untuk perlindungan data kesehatan pada 2022 secara global akan mencapai lebih dari 130 Triliyun Rupiah.

Patientory (PTOY) adalah sebuah startup yang berusaha memecahkan masalah ini dengan menggunakan teknologi blockchain. Sistem yang dimiliki oleh Patientory memungkinkan untuk menyimpan riwayat kesehatan para pasien hampir selama seumur hidupnya dan menyediakan data tersebut jika diperlukan dan diijinkan kepada rumah sakit, dokter atau orgnasisasi mana pun. Dengan sistem ini, baik pasien maupun rumah sakit tidak memerlukan banyak waktu untuk mengisi berkas-berkas yang diperlukan untuk memulai pemeriksaan atau tindakan dalam keadaan gawat darurat.

Dengan menggunakan teknologi blockchain, Patientory menjamin keamanan data kesehatan pasien hanya bisa diakses oleh orang yang benar-benar diijinkan, alias hampir tidak bisa diretas layaknya Bitcoin dan cryptocurrency lain saat ini. Blockchain memungkinkan data untuk tidak terpusat pada satu tempat dan menerapkan end-to-end encryption sehingga data pun tidak bisa diretas saat sedang dalam pengiriman. ‘Para penambang’ yang ada dalam blockchain sistem ini pun merupakan orang-orang pilihan yang tergabung dalam sebuah konsorsium dan bukan masyarakat umum.

Patientory juga menawarkan token PTOY, sebuah cryptocurrency yang bisa digunakan untuk membeli space data di dalam sistem mereka dan direncanakan bisa digunakan untuk pembayaran kesehatan di rumah sakit maupun dokter. Kehadiran sistem ini di satu sisi akan mempermudah pasien, rumah sakit dan dokter dalam berbagi data kesehatan yang penting, namun dengan tetap menjaga kerahasiaan dan keamanan data tersebut dari orang-orang yang tidak diinginkan.

Comments (No)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: