Menambang Bitcoin Tidak Lagi Menguntungkan Jika Harganya Dibawah $8,038

Harga Bitcoin memang diketahui selalu fluktuatif, pernah menyentuh nilai tertinggi pada akhir 2017, nilai Bitcoin kini menunjukan penurunan drastis walau banyak yang masih percaya bahwa harganya akan meningkat kembali dalam beberapa waktu. Harga Bitcoin yang mahal dipengaruhi oleh jumlahnya yang sedikit, sementara satu-satunya cara mendapat Bitcoin baru hanyalah dengan ‘menambang’, padahal menambang Bitcoin sendiri bukanlah sesuatu yang murah.

Analis dari Fundstrat mengungkapkan bahwa menambang Bitcoin tidak lagi menguntungkan saat biaya yang diperlukan untuk menambang hampir sama dengan nilai Bitcoin saat ini. Biaya untuk menambang Bitcoin memang berbeda-beda di setiap negara, sebagai contohnya, di Korea Selatan, menambang satu Bitcoin memerlukan biaya hingga $26,170.

Bagaimana Proses Menambang Bitcoin?

Secara sederhana, Bitcoin baru akan tercipta ketika seorang ‘penambang’  berhasil mengalahkan penambang lain dalam mengirimkan block transaksi Bitcoin baru menuju blockchain. Penambang yang pertama kali berhasil melakukannya akan diberikan Bitcoin baru sebagai hadiah.

Perlombaan antar penambang ini melibatkan soal matematis yang didesain memerlukan komputer yang cepat dan juga tangguh. Untuk mempercepat proses ini, komputer yang digunakan para penambang biasanya bukan lagi berusaha memecahkan soal-soal matematis ini, tapi hanya berusaha menebak angkanya dengan mengirimkan berbagai angka sesering mungkin hingga mendapatkan jawaban yang tepat.

Mengapa Menambang Bitcoin Biayanya Mahal?

Pertama, harga perangkat komputer sendiri memang tidak terbilang murah. Apalagi komputer yang mampu melakukan komputasi dengan cepat, apalagi desain soal matematika dalam Bitcoin akan semakin sulit seiring waktu, hingga para penambang harus terus meningkatkan kemampuan perangkat komputer mereka. Belum lagi kemungkinan bila ada perangkat yang rusak.

Kedua, biaya listrik. Komputer dengan kekuatan besar tentu memerlukan daya listrik yang besar, belum lagi biaya listrik yang diperlukan untuk mendinginkan komputer itu sendiri. Saat komputer melakukan proses memecahkan soal matematika ini secara terus menerus, maka perangkatnya akan menghasilkan panas yang harus didinginkan jika tidak ingin perangkat menjadi rusak atau bahkan meleleh.

Menurut analisa Fundstrat, saat harga Bitcoin berada diangka $8,038, maka menambang Bitcoin sendiri sudah tidak lagi menguntungkan.

Permasalahan lain Para Penambang

Permasalahan yang dihadapi para penambang bukan hanya meningkatkan kompetisi dan harga Bitcoin yang belakangan menurun, tapi juga jumlah pendapatan yang dihasilkan per satu kali berhasil menambang. Saat harga Bitcoin berada diangka $20,000 pada Desember 2017, keuntungan dari sekali menambang sekitar $34, sementara saat harga Bitcoin ada diangka $8,000, keuntungan itu turun drastis menjadi $0.50 saja.

Lalu, apakah menambang Bitcoin tidak lagi menguntungkan? Tidak juga. Keuntungan dari menambang Bitcoin yang dihitung oleh Fundstrat menggunakan biaya listrik rata-rata $0.60 per killowatt, namun saat biaya listrik hanya $0.40 per killowatt seperti di Tiongkok, menambang Bitcoin masih cukup menguntungkan.

 

Comments (No)

Leave a Reply

%d bloggers like this: