18 Istilah Dalam Cryptocurrency Dan Bitcoin yang Wajib Diketahui!

Meski telah cukup banyak diulas, namun cryptocurrency menjadi istilah yang cukup sulit dipahami bagi masyarakat awam. Pasalnya istilah cryptocurrency ini sendiri terkait dengan banyak hal dari mulai teknologi hingga keuangan itu sendiri. Berbeda dengan para pakar atau mereka yang langsung terlibat dalam sistem ekonomi dan keuangan digital, masyarakat awam lebih terbiasa menggunakan mata uang fisik dari kertas hingga logam tanpa banyak istilah asing yang mneyertainya.

Mengenal Cryptocurrency dan Bitcoin

alternative coin

Bahasa mudahnya, cryptocurrency adalah mata uang digital. Namun jika dijabarkan secara luas sesuai dengan makna sesungguhnya, cryptocurrency adalah mata uang digital yang pemakaiannya dapat dilakukan dalam jaringan secara online. Berbeda dengan mata uang fisik kertas dan logam, cryptocurrency justru dibuat dengan kemampuan dapat memecahkan soal matematika dengan dasar kriptografi yang dibuat oleh penciptanya.

Keberadaan cryptocurrency ini sendiri menjadi sangat populer beberapa tahun belakangan. Namun pada dasarnya cryptocurrency ini sendiri telah dikembangkan sejak 10 tahun yang lalu. Saat telah dikenal seperti sekarang, cryptocurrency telah memiliki hingga 900 lebih jenis mata uang digital yang beredar di pasaran. Salah satunya adalah Bitcoin yang baru pertama kali dikenalkan pada tahun 2008 oleh Satoshi Nakamoto yang berasal dari Jepang.

kemunculan Bitcoin yang sangat menggemparkan dunia, membuat mata uang digital yang sejenis semakin banyak bermunculan. Tidak hanya itu, ulasan yang menyebutkan bahwa Bitcoin tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mata uang digital namun juga mengeruk banyak keuntungan, membuat semakin banyak orang memanfaatkan Bitcoin. Sayangnya diantara banyaknya minat terhadap penggunaan mata uang digital, masih banyak kurang memahami beberapa istilah asing yang menyertainya.

Istilah Dalam Cryptocurrency dan Bitcoin

Pemanfaatan mata uang digital disertai dengan beberapa istilah yang sangat asing didengar. Bagi mereka yang telah mengenal cukup dalam mengenai cryptocurrency dan Bitcoin, istilah-istilah ini tentunya tidak asing lagi. Namun bagi mereka yang belum terbiasa dan mencoba mengenal cryptocurrency, istilah-istilah asing ini cukup menyulitkan pemanfaatan mata uang digital. Untuk memastikan Anda tidak mengalami kesulitan dalam memanfaatkan mata uang digital, berikut ini beberapa istilah penting dalam pemanfaatannya:

Altcoin

Altcoin merupakan singkatan dari Alternative Coin. Altcoin ini sendiri menjadi coin alternatif selain Bitcoin. Kehadirannya dalam mata uang digital, tidak lain dalam rangka menutupi kekurangan dari Bitcoin itu sendiri. Mengingat saat ini Bitcoin yang beredar tidak lagi mampu mencukupi tingginya permintaan yang ada. Jenis-jenis Altcoin ini sendiri terdiri dari banyak seperti Litecoin, Dash, Etherum, Dogecoin dan masih banyak lagi.

Wallet

Wallet bagi mereka yang telah sering memanfaatkan mata uang digital disebut sebagai address. Address ini sendiri merupakan media yang digunakan untuk tempat penyimpanan coin cryptocurrency, baik itu Bitcoin, Litecoin dan lain sebagainya. Dari wallet inilah nantinya Anda dapat melakukan transaksi dari mulai mengirim hingga menerima. Saat menyimpan coin di wallet, Anda tidak akan dikenai biaya apapun tidak seperti saat menyimpan aset di bank.

Faucet

Faucet atau dikenal sebagai istilah Keran Air dalam bahasa Indonesia memiliki arti yang berbeda dalam dunia cryptocurrency. Dalam mata uang digital, Faucet ini dikenal sebagai situs atau website yang akan memberikan jenis cryptocurrency secara cuma-cuma dengan syarat menyelesaikan beberapa tugas kecil semisal mengisi survei, menyelesaikan kode chaptcha, menonton video, melihat iklan hingga membagi artikel.

Marketplace

Marketplace dalam dunia cryptocurrency memiliki makna tidak jauh berbeda dari Anda memahami sebagai tempat belanja. Namun di dunia crytocurrency, marketplace digunakan sebagai tempat yang mempertemukan penjual dan pembeli dari mata uang digital itu sendiri. Marketplace ini juga disediakan oleh perusahaan-perusahaan ecommerce besar untuk memfasilitasi penjualan sekaligus pembelian dari mata uang cryptocurrency.

Exchanger

Exchanger selama ini dikenal sebagai tempat untuk menukar mata uang. Sama pula dengan istilah dalam dunia cryptocurrency, exchanger ini berarti tempat Anda dapat menukar mata uang digital satu ke yang lain secara instan. Berbeda dengan marketplace yang mengharuskan Anda bertemu dengan penjual atau pembeli. Karena itu penggunaan exchanger ini sebenarnya jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan market place.

Peer-to-Peer

Peer-to-Peer atau dikenal dengan P2P ini adalah istilah yang menunjukkan sebuah transaksi terpusat. Dimana transaksi terpusat ini nantinya akan menghubungkan kedua pihak secara langsung dalam sebuah jaringan yang sama. Dalam sebuah sistem mata uang digital crytocurrency seperti Bitcoin, istilah P2P ini untuk menunjukkan cara kerjanya sebagai mata uang digital yang digunakan untuk berbagai macam transaksi secara online.

Mining

Mining atau menambang jika diartikan dalam bahasa Indonesia. Dalam mata uang digital cryptocurrency, istilah menambang ini sendiri merujuk pada proses dipecahkannya sebuah balok algoritma dengan menggunakan hitungan matematika. Biasanya proses pemecahan ini dilakukan oleh sebuah hardware dari GPU, CPU hingga ANTMINER dan juga ASIC yang dapat Anda gunakan untuk menambang atau mendapat reward yang berupa coin cryptocurrency.

Cloudmining

Cloudmining juga masih merujuk pada istilah menambang. Hanya saja untuk cloudmining ini, proses menambangnya sedikit berbeda. Istilah ini justru merujuk pada proses menambang atau mendapatkan reward coin tanpa menggunakan software tertentu. Anda tidak perlu membeli sebuah software tertentu, melainkan Anda dapat menambang reward coin dengan cara menyewa hardware yang diperlukan dari penyedia cloudmining.

Blockchain

Blockchain menjadi sebuah teknologi yang digunakan dalam mata uang digital atau cryptocurrency. Blockchain sendiri merupakan sebuah jaringan yang tidak menggunakan server. Fungsi jaringan ini adalah untuk menyimpan daftar dari semua block yang ditambang sejak pertama kali crytocurrency dirilis. Bahasa mudahnya, blockchain merupakan sebuah rekam transaksi yang pernah terjadi dari cryptocurrency.

Block

Block sendiri merupakan sebuah kumpulan data dari transaksi yang menjadi elemen dasar sebuah cryptocurrency. Biasanya setiap kali transaksi dilakukan, informasi mengenai transaksi tersebut dikumpulkan. Saat dikumpulkan dan mencapai ukuran tertentu, data akan dirangkai menjadi sebuah block. Setelah block dibuat harus menjalani sebuah verifikasi. Setelah verifikasi selesai dilakukan maka dilakukan proses mining atau penambangan.

51% Attack

51% Attack merupakan istilah yang ingin menggambarkan kondisi di mana terdapat lebih dari separuh tenaga komputasi jaringan cryptocurrency dikendalikan oleh sekelompok penambang. Kondisi ini menyebabkan adanya tenaga komputasi dari sebuah kelompok yang akan menjadi otoritas jaringan. Dengan kata lain, klien dalam jaringan tersebut memilih percaya pada transaksi block yang menjadi hasil dari sekelompok penambang tersebut.

Hash

Hash adalah sebuah proses matematis yang dilakukan untuk mengambil variabel data untuk menghasilkan output pendek. Lamanya proses matematis ini sendiri telah ditentukan sejak awal. Hashing memiliki dua karakter yang pertama akan sulit secara matematis untuk mengetahui input asli tanpa harus melihat output. Karakter kedua, membuat perubahan kecil pada input akan membuat output yang sangat berbeda.

Coinbase

Coinbase digunakan sebagai nama lain untuk menyebut input transaksi pembuatan coin yang baru. Saat coin ditambang, tidak berarti coin tersebut diambil dari pemilik coin lainnya, melainkan coin yang telah ditambang menjadi reward bagi Anda penambang. Nantinya reward dicatatkan sebagai sebuah transaksi yang menjadi pengganti alamat dari pengguna lain coin. Selain itu coinbase juga sebuah layanan dompet Bitcoin yang dapat digunakan untuk pembayaran jual beli hingga perantara pembelian Bitcoin.

Whale

Whale atau ikan paus merujuk pada seseorang yang memiliki cryptocurrency dalam jumlah luar biasa banyak. Orang-orang ini umumnya merupakan early adopter yang sejak awal sudah menaruh kepercayaan pada koin kripto, namun bisa juga orang yang baru mengenalnya namun ingin berinvestasi dalam jumlah besar.

Token

Token merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut mata uang baru atau altcoin baru yang menggunakan jaringan ethereum sebagai dasarnya. Kripto koin baru ini biasanya mengumpulkan uang dengan menerbitkan token mereka sendiri. Beberapa contohnya seperti EOS dan Tron (TRX).

Initial Coin Offering (ICO)

Initial Coin Offering (ICO) memiliki banyak kemiripan dengan Initial Public Offering (IPO) atau dalam Bahasa Indonesia sering disebut sebagai Penawaran Saham Perdana. Perusahaan rintisan akan menerbitkan token mereka yang bisa dibeli oleh para ‘calon pemegang saham’ dengan menggunakan Ether/Ethereum. Pada dasarnya, ICO yang ada saat ini adalah penggalangan dana menggunakan platform Ethereum.

Pump and Dump

Pump and Dump merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah situasi dimana altcoin mendapat perhatian yang besar dan juga memiliki permintaan yang sangat tinggi, pada akhirnya akan membuat harga altcoin meningkat dengan cepat, kemudian seseorang atau kelompok yang melakukan pump and dump akan menjual altcoin milik mereka secara bersamaan untuk mendapat profit dan membuat harga altcoin tersebut menjadi anjlok.

HODL

HODL merupakan sebuah meme yang terkenal di dunia Bitcoin khususnya. HODL sebenarnya hanya merupakan typo dari kata “HOLD”. Meme ini bermula dari sebuah thread di Bitcointalk.org pada 2013 yang ditulis oleh seorang member yang sedang mabuk. Kini, HODL digunakan sebagai pengganti kata HOLD yang merujuk pada kondisi para trader yang tetap bertahan (tidak melakukan jual) walau banyak trader lain yang melakukannya.

 

 

 

Comments (No)

Leave a Reply

%d bloggers like this: