Cara Termudah Mengetahui, Mencegah dan Mengatasi Website dengan Mining Script

Selain kepopuleran ransomware, seiring dengan cryptocurrency, muncul pula malware baru berupa mining script yang dipasangkan pada website untuk menambang Bitcoin atau cryptocurrency lain menggunakan sumber daya dari komputer pengunjung website. Praktik ini sebenarnya tidak bisa dikatakan ilegal jika website memberitahu pengunjung bahwa mereka menjalankan mining script dan pengunjung memiliki pilihan untuk setuju maupun tidak. Mining script biasanya digunakan oleh website-website dengan konten yang tidak memungkinkan untuk mendapat uang dari iklan atau sponsor. Namun, hal semacam ini sangat jarang terjadi. Hal yang lebih sering terjadi adalah pengunjung tidak mengetahui sama sekali jika sebuah website menjalankan mining script atau tidak.

Cara Mengetahui Website Menjalankan Mining Script

Mining script secara kasat mata memang kerap tidak terlihat dan berjalan tanpa perlu persetujuan dari pengunjung sebuah website. Namun, jika saat mengakses suatu website, performa komputer tiba-tiba melambat atau sistem pendinginnya tiba-tiba hidup. Maka, ada indikasi bahwa website tersebut menjalankan mining script.

Pertama-tama, periksa apakah komputer menjalankan program lain yang mungkin memakan banyak sumber daya seperti update sistem operasi, scanning virus dari antivirus atau ada program lain yang berjalan di balik layar.

Kedua, periksa task manager pada komputer. Umumnya, browser baik Firefox maupun Chrome memang menggunakan sumber daya memory (RAM) yang lumayan besar, namun browser seharusnya tidak menggunakan CPU yang besar pula kecuali digunakan untuk tugas-tugas berat seperti bermain browser game.

Ketiga, matikan semua aplikasi lain dan hentikan update yang berjalan di PC. Sisanya hanya browser dengan satu tab berisi website yang diduga menggunakan mining script.

Jika setelah melakukan ketiga langkah diatas ternyata PC masih berjalan lambat dan task manager menunjukan bahwa browser menggunakan sumber daya yang besar, maka bisa dipastikan bahwa website tersebut 99% berisikan mining script. Sayangnya, cara seperti ini hanya ampuh jika mining script didesain agar menggunakan sumber daya semaksimal mungkin dari komputer korbannya. Beberapa mining script didesain agar tidak menunjukan perubahan signifikan pada komputer korban sehingga bisa terus menambang tanpa diketahui.

Cara Mencegah dan Mengatasi Website dengan Mining Script

Cara terbaik untuk mencegah sekaligus mengatasi website dengan mining script saat ini adalah dengan menggunakan plugin/extention khusus pada browser yang digunakan.

Untuk pengguna Google Chrome bisa menginstall extention No Coin atau NoMiner untuk melindungi diri saat mengunjungi website yang mungkin saja berisi mining script. Keduanya bekerja dengan memblokir URL dan JavaScript tertentu yang sering digunakan oleh mining script. No Coin khususnya bersifat open source, namun keduanya masih terus mendapat update secara berkala.

Untuk pengguna Mozilla Firefox, ada sedikit tambahan keamanan dibanding Chrome. Selain menginstall extention yang sama yaitu No Coin dan NoMiner. Pengguna juga bisa menginstall extention bernama NoScript, extention ini akan memblokir JavaScript, Flash dan kode-kode lainnya sebelum kode tersebut disetujui oleh pengguna.

Sayangnya, banyak website seperti Duniakoin.com mengandalkan javascript untuk membuat tampilan website lebih menarik. Jadi, sebelum diijinkan oleh pengguna, tampilan website yang menggunakan JavaScript dan Flash akan tampak kurang menarik bahkan ‘rusak’.

Comments (No)

Leave a Reply

%d bloggers like this: