Apa itu CryptoKitties?

CryptoKitties adalah sebuah ‘virtual game’ berbasis teknologi blockchain dimana para pemainnya bisa membeli, mengkoleksi, ‘membiakkan’ dan menjual kucing virtual. Developer dari CryptoKitties adalah Axiom Zen dan Animoca, kedua perusahaan ini berusaha menjadi yang pertama dalam memanfaatkan teknologi blockchain untuk tujuan bersenang-senang. Perlu diketahui bahwa CryptoKitties bukanlah mata uang crypto, kucing-kucing virtual ini menggunakan teknologi blockchain dan Ethereum untuk membuat masing-masing kucing menjadi unik, divalidasi menggunakan blockchain dan harga tiap kucing bisa naik atau turun mengikuti harga pasar.

Walau merupakan ‘barang virtual’, tapi CryptoKitties hampir mustahil untuk dijiplak dan dipindahkan tanpa persetujuan pemilik resminya, bahkan developer sekalipun tidak bisa melakukannya. Hal ini karena CryptoKitties menggunakan prinsip yang sama dengan cryptocurrency, dimana setiap ‘token’ adalah unik dan tidak bisa dengan mudah dipindahkan. Kepemilikan CryptoKitties tercatat dalam smart contract di jaringan Ethereum, satu kucing virtual baru muncul setiap 15 menit, dimana setiap kucing memiliki atribut khusus yang membuatnya unik.

Setiap CryptoKitties itu Unik

Seperti paragaf sebelumnya, setiap CryptoKitties tercatat dalam smart contract di jaringan Ethereum. Namun, yang tercatat bukanlah kucingnya, melainkan attribut yang dimiliki. Jumlah kucing yang bisa ada di sirkulasi terbatas, begitu pula dengan genom yang dimiliki. Setiap kucing memiliki tampilan visual yang berbeda, dimana tampilan ini ditentukan oleh gen (atribut) unik yang tersimpan di dalam smart contract miliknya. Atribut kucing virtual ini terdiri atas 256 bit kode yang bisa diturunkan pada keturunannya, contohnya seperti bentuk tubuh, mulut, bulu, bentuk mata, warna dasar, warna mata dan lainnya. Secara teori, jumlah maksimal kucing virtual yang bisa beredar di pasaran adalah 4 milyar kucing yang berbeda.

CryptoKitties bukan hanya unik secara kode, gen dan genom namun juga unik secara penampilan. Mengembangbiakkan CryptoKitties dengan atribut unik bisa menghasilkan kucing virtual yang jauh lebih unik dan bisa memiliki harga yang lebih mahal. Sampai saat ini, CryptoKittis tidak memiliki gender, sehingga proses pengembangbiakkannya hampir tidak memiliki batasan.

Teknologi blockchain membuat setiap CryptoKitties menjadi unik, baik secara penampilan maupun secara kode. Kepemilikannya dilindungi oleh teknologi yang sama. CryptoKitties menunjukan bahwa teknologi blockchain memiliki potensi menjadi perlindungan barang-barang virtual di masa mendatang.

CryptoKitties Memperlambat Ethereum

Hanya seminggu setelah perilisannya pada akhir 2017, CryptoKitties sempat membuat jaringan dan transaksi Ethereum melambat karena tingginya permintaan transaksi kucing-kucing virtual ini. Pada akhirnya, para penambang Ethereum meningkatkan gas limit mereka agar mempercepat (menormalkan kembali) transaksi di jaringan Ethereum.

CryptoKitties menggunakan jaringan Ethereum untuk banyak hal, mulai dari memvalidasi kepemilikan kucing virtual, menjual kucing virtual, hingga memindahkan kepemilikan kucing-kucing virtual. Dengan jumlah pengguna dan transaksi yang tidak sedikit, tidak heran jika CryptoKitties juga mempengaruhi bahkan sempat memperlambat jaringan ini.

Bagaimana CryptoKitties menghasilkan uang?

Sederhananya, CryptoKitties menjual kucing-kucing virtual mereka kepada para pemain. Namun, pemain dibebaskan untuk membeli kucing apapun yang mereka sukai dan mengembangbiakkannya, hasil dari perkembangbiakkan ini pun bisa dijual oleh para pemain kepada pemain lainnya sesuai dengan harga pasaran. Namun, kucing virtual yang dijual oleh CryptoKitties berbeda-beda.

Beberapa CryptoKitties hanya tersedia dalam jumlah terbatas dan memiliki atribut yang benar-benar unik. Beberapa kucing virtual bahkan terlihat ‘biasa’ dan baru bisa menunjukan atribut khususnya setelah dikembangbiakkan. Disinilah CryptoKitties benar-benar menghasilkan uang, yaitu dengan menjual kucing-kucing virtual yang “mungkin” akan menghasilkan keturunan yang sangat unik.

Untuk para pemain, CryptoKitties berfungsi sebagai dua hal yaitu sebagai ‘barang’ koleksi dan sebagai investasi. Walau tidak berharga semahal cryptocurrency, namun pada akhir 2017 lalu, seekor CryptoKitties berhasil terjual seharga 1,5 milyar Rupiah. Bukan angka yang sedikit bukan? Padahal, harga rata-rata seekor CryptoKitties hanya sekitar $9 atau 150 ribu Rupiah per ekor.

Comments (No)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: