Mengenal Apa Itu Bitcoin, Mata Uang Virtual yang Hebohkan Dunia Internet

Pernahkah Anda mendengar istilah bitcoin? Apa itu bitcoin? Mungkin ini menjadi satu pertanyaan yang belum bisa Anda pahami dengan benar hingga hari ini. Jangan khawatir, kami dari DuniaKoin.com akan mengulas secara ringkas mengenai pengertian bitcoin dan segala hal terkait dengannya.

Apa Itu Bitcoin?

apa itu bitcoin

Dalam dunia digital, transaksi jual beli merupakan suatu kegiatan ekonomi yang tidak bisa dihindarkan. Hingga hari ini transaksi jual beli di internet semakin berkembang pesat dengan tingkat keuntungan yang sangat mengejutkan. Tak heran, banyak orang yang berlomba-lomba mencoba melakukan hal yang sama untuk memperoleh peruntungan. Tahukah Anda? Ternyata tidak hanya proses transaksinya yang semakin beragam, bahkan saat ini juga telah muncul satu mata uang virtual baru yang membuat heboh dunia internet, Bitcoin namanya. Sebagian dari kita mungkin masih terasa asing dengan istilah ini, namun siapa sangka ternyata kehadirannya menjadi wabah baru yang membuat semua orang tergerak untuk mengenalnya lebih jauh.

Bitcoin sebagai mata uang digital pada dasarnya telah diperkenalkan ke publik sejak 2009 silam. Bitcoin sebagai sebuah mata uang virtual kini dapat digunakan untuk kegiatan ragam transaksi online. Apabila Anda bertanya bagaimana bentuk mata uang yang satu ini, yang sudah pasti bentuknya jauh berbeda dan tidak sama seperti mata uang fisik yang selama ini beredar di setiap negara, yakni sebuah alat tukar sah yang diciptakan oleh Bank Sentral. Bitcoin memiliki bentuk yang sangat unik, yakni hanya berbentuk sebuah file. Ya, hanya seperti file-file pada umumnya yang sering Anda lihat di dunia maya.

Namun, file tersebut bukanlah sembarang file, karena merupakan sebuah enskripsi dari kode-kode unik yang terhubung antara sama dengan yang lain. Tidak jauh berbeda dengan sebuah file mp3, berkas dokumen, image dan lainnya, file bitcoin yang juga memungkinkan untuk disimpan di perangkat komputer yang Anda miliki. Ya, file bitcoin bisa disimpan di dalam sebuah komputer maupun flash disk atau sebuah sofware bernama Bitcoin Digital Wallet yang selama ini lazim digunakan oleh para penggunanya. Mata uang virtual ini nyatanya telah digunakan oleh sebagian besar pelaku e-commerce di seluruh dunia. Mungkin kenyataan ini akan membuat Anda semakin bingung. Langsung saja simak ulasan mengenai sejarah bitcoin berikut ini agar Anda bisa memahami dengan baik bagaimana peran bitcoin sebagai salah satu alat transaksi dunia digital.

Mengetahui Sejarah Mata Uang Virtual Bitcoin

sejarah bitcoin

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber terkait, sejarahnya munculnya bitcoin mulai terjadi sejak tahun 2007 silam, kurang lebih 11 tahun telah berlalu. Terdapat seorang ahli komputer saat itu yang ingin mencoba mengembangkan sebuah sistem mata uang virtual dunia internet. Ahli komputer tersebut menginginkan sebuah mata uang model baru yang sama sekali tidak tergantung pada otoritas mana pun, baik itu FED, Bank Sentral hingga pemerintah sekalipun, Satoshi Nakamoto namanya. Yakni seorang pria asal Jepang yang mengaku sebagai penggagas sekaligus pencipta bitcoin. Satoshi Nakamoto telah menghabiskan waktu selama 2 tahun untuk mengembangkan bitcoin dan pada tahun 2009, ia akhirnya melepas dan menyebarkan bitcoin berkembang hingga hari ini.

Akan tetapi, beberapa ahli mengatakan jika Satoshi Nakamoto hanyalah sebuah nama fiktif yang sengaja dibuat untuk memalsukan informasi terkait penemuan bitcoin. Simpulnya, tidak ada orang dengan nama Satoshi Nakamoto di dunia nyata. Sebagian besar ahli mengatakan jika mata uang virtual bitcoin sengaja diciptakan oleh seseorang ataupun sekelompok orang yang memang berkeinginan membuat sebuah persepsi baru di dalam dunia digital, khususnya dalam bidang transaksi online. Tentu saja tujuan utama dari kegiatan ini ialah untuk mengambil keuntungan sebesar-besarnya.

Di balik asal-usul penemu bitcoin yang hingga hari ini masih menyimpan tanda tanya besar, nyatanya mata uang virtual ini telah banyak digunakan. Bitcoin yang beredar umumnya digunakan untuk kegiatan transaksi online dan kelihatannya hal ini semakin marak bahkan telah sampai ke kegiatan transaksi online masyarakat di tanah air. Terbukti, dari beberapa informasi di internet Anda bisa melihat sebagian besar orang yang mulai memperjual belikan bitcoin yang dimilikinya.

Proses Penyebaran Mata Uang Virtual Bitcoin

penyebaran bitcoin

Hingga saat ini, proses penyebaran bitcoin telah menyentuh hampir seluruh dunia. Ya, semua negara di dunia bahkan telah menyadari penyebaran mata uang virtual ini. Sebagian negara di dunia memilih memperolehkan izin edar mata uang bitcoin, dan sebagian lainnya lebih memilih bersikap tegas dengan menolak secara terang-terangan penggunaan mata uang bitcoin sebagai alat transaksi baru dunia digital. Beberapa negara yang menolak ialah seperti Singapura dan China. Hal ini dilakukan karena anggapan jika mata uang bitcoin sangat riskan dan tidak aman. Selain itu, kehadiran mata uang bitcoin juga ditakutkan akan menuai dampak buruk terhadap kestabilan transaksi dunia internet.

Perlu Anda ketahui, jika di kurs kan dengan nilai dollar AS, nilai bitcoin diperkirakan saat ini mencapai $ 8000-10,000 dolar untuk 1B (simbol bitcoin). Hanya saja, nilai ini akan terus berubah dan sangat tergantung dengan keberadaan jumlah bitcoin yang beredar saat ini. Berdasarkan beberapa informasi terkait penyebaran bitcoin, diketahui jika hingga saat ini diperkirakan telah ada sekitar 16-18 juta bitcoin, dan akan terus bertambah sekitar 25 bitcoin permenitnya hingga mencapai jumlah 21 juta Bitcoin. Pada dasarnya, terdapat kelebihan dan kekurangan dengan menggunakan mata uang virtual bitcoin. Simak ulasannya berikut ini sebagai referensi tambahan sebelum Anda memutuskan mencobanya, semoga bermanfaat.

Kelebihan Dan Kekurangan Mata Uang Virtual Bitcoin

kekurangan dan kelebihan bitcoin

Salah satu keunggulan yang ditawarkan mata uang virtual bitcoin ialah sifatnya yang ringkas dan simpel. Alat transaksi dunia internet ini ialah sebuah alat tukar untuk orang per orang saja dan hanya pemegangnyalah yang berhak menggunakannya. Dalam proses pemanfaatan bitcoin, para pengguna tidak harus menyertakan informasi pribadi seperti yang selama ini berlaku pada mata uang sah yang dikeluarkan Bank Sentral ataupun mata uang transaksi online lainnya. Hal ini akan membantu para pengguna untuk meningkatkan keamanan informasi mengenai dirinya.

Selain itu, yang menjadi kekurang mata uang bitcoin ialah karena bentuknya yang tidak memiliki fisik dan hanya berupa sebuah file. Hal ini sangat memungkinkan jika suatu saat file bitcoin menjadi hilang, rusak bahkan terhapus saat terjadi sesuatu pada perangkat penyimpanan file bitcoin. Bukan hanya itu saja, yang mendorong kelahiran bitcoin ialah kemauan dan kepercayaan oleh para penggunanya sehingga sangat memungkinkan jika suatu saat mata uang bitcoin benar-benar hilang dan tidak bernilai lagi akibat tidak ada yang tertarik menggunakannya. Bisa disimpulkan jika mata uang virtual yang bernama bitcoin ini merupakan hasil pengembangan dunia teknologi e-commerce. Dan jika Anda merupakan salah satu pelaku e-commerce yang tumbuh saat ini maka bukan mustahil bagi Anda mengikuti dan memahami lebih dalam tentang perkembangan teknologi e-commerce. Termasuk mengenal dan memahami penggunaan mata uang bitcoin yang marak saat ini. Hanya pastikan, selalu mengutamakan keamanan kegiatan transaksi Anda.

Comments (No)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: