Alasan Bitcoin.co.id Ganti Nama Menjadi INDODAX

Salah satu marketplace cryptocurrency tertua dan terbesar di Indonesia, Bitcoin.co.id mengumumkan bahwa mereka akan melakukan pergantian nama menjadi INDODAX, singkatan dari Indonesia Digital Asset Exchange. Proses pergantian nama ini akan dilakukan secara bertahap setelah pengumuman resminya pada 14 Maret 2018. Pada 14 Maret hingga 25 Maret 2018, website mereka masih bisa diakses menggunakan domain bitcoin.co.id, namun mulai 26 Maret 2018, ketika membuka alamat bitcoin.co.id akan dialihkan ke domain indodax.com.

Pergantian nama ini tentu memiliki beberapa tujuan, CEO INDODAX, Oscar Darmawan, dikutip dari Tech In Asia Indonesia, mengungkapkan alasan dari pergantian nama ini:

Cakupan Pasar yang Lebih Besar

Dengan nama dan wajah baru, INDODAX menginginkan cakupan pasar yang lebih luas dan tidak terpaku pada satu jenis cryptocurrency saja, yaitu Bitcoin. Perubahan ini juga sebagai upaya dari fokus bisnis mereka yang ingin merangkul perkembangan public blockchain yang semakin meluas.

Melepaskan nama “Bitcoin” membuka peluang pada pasar dari aset digital lainnya yang tidak kalah populer dan berkembang pesat di Indonesia seperti Ethereum, Ripple dan lainnya.

Mempertegas Image Sebagai Marketplace Cryptocurrency

Oscar mengungkapkan bahwa dengan pergantian nama ini akan mempertegas image perusahaan mereka sebagai sebuah marketplace, bukan sebagai sistem layanan pembayaran bitcoin, ICO atau perwakilan Bitcoin di Indonesia. Pihaknya juga menampik anggapan bahwa perubahan nama ini disebabkan penurunan nilai tukar Bitcoin selama beberapa waktu terakhir.

Walau tidak lagi menggunakan nama “Bitcoin” sebagai nama layanannya, namun kripto koin satu ini masih menjadi yang paling populer yang ditukarkan (diperjual-belikan) di website Bitcoin.co.id atau INDODAX.

Target INDODAX

Marketplace Bitcoin.co.id diklaim memproses volume transaksi mencapai lebih dari 100 Milyar Rupiah setiap harinya dengan pertumbuhan anggota baru rata-rata mencapai 3.000 akun baru setiap hari. Dengan angka ini, Bitcoin.co.id memiliki sekitar 1,1 juta anggota terdaftar yang mayoritas merupakan warga Indonesia.

Setelah berganti nama menjadi INDODAX, Oscar menyatakan bahwa perusahaannya akan konsisten dalam ranah cryptocurrency exchange dengan target terus menambah varian jenis aset token digital baru. Target awalnya adalah dengan memperkenalkan setidaknya satu jenis aset digital baru setiap bulannya, mengingat ada lebih dari 1500 jenis aset digital yang umum diperdagangkan di seluruh dunia. Tujuan akhirnya adalah meraih total anggota terdaftar hingga 1,5 juta orang.

Comments (No)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: